Selamat datang Dan selamat Membaca di Blog Kobepaibo..!!

Mendidik Anak Usia Dini Bagi Orang Papua

Foto: Damianus Muyapa
Oleh: Damianus Muyapa

Opini (KM)-- Mendidik adalah membentuk karakter seorang anak usia dini.Pembentukan karakter bagi anak usia dini itu langkah awal yang dapat di lakukan oleh seseorang yang dapat di cintai dan di pikirkan untuk masa depan. Orang perpikir untuk mendidik adalah orang yang dapat di pilih dan di panggil oleh Tuhan. Kebanyakan Orang selalu mengajar saja, sebenarnya mendidik  kemudian mengajar karena mengajar itu hanya mengajarkan atau menambahkan apa yang sudah dididik sebelumnya. Jadi mendidik yang sangat sulit dari pada mengajarkan apa lagi mengembangkannya. 

Anak usia dini perlu adanya mendidik secara rutinitas baik di rumah maupun di luar rumah terutama disekolah.mendidik usia dini untuk di rumah dari orang tua, dan di sekolah dari para guru. Anak usia dini sangat penting untuk di persiapkan baik-baik terutama membentuk karakter demi persiapan masa depan papua. Kalau tidak di persiapkan dari sekarang maka orang papua kedepan bisa di atur dan di kuasai oleh orang lain. 

 Ada banyak cara yang harus di lakukan oleh orang tua, guru dan  pemerintah terhadap anak usia dini adalah sebagai berikut:

1. Orang Tua 

Orang tua harus mendidik bukan mengajar secara rutinitas pada setiap saat. Orang tua yang kadang-kadang tidak memperhatikan gayanya bahkan belum tahu sama sekali gaya dari pada anak, mengetahui benar-benar ciri-ciri badan secara mendalam bagi anak, lain lagi, anak di ajak untuk ikut kegiatan-kegitan yang dilakukan oleh organisai-organisai rohani. Salah satunya adalah sekolah minggu pada setiap hari minggu.Agar mendidik kepada anak semakin mudah dan terarah menuju tahapan mengajar. maka itu, orang tua mendidik dan membentuk karakter bagi anak usia Dini.

2. Para Guru

Peran guru adalah mendidik anak usia dini, terutama guru Toddler dan PAUD. Memang mereka melakukan tugas yang sangat berat dalam mendidiknya. Kalau tahapan mengajar itu dapat di lanjutkan tugas yang telah di lakukan oleh guru toddler dan Paud. Maka itu, guru toddler dan Paud adalah pintu masuk bagi anak usia dini di dunia pendidikan atau sekolah.   

3. Pemerintah

Pemerintah harus memperhatikan khusus bagi para guru Toddler dan Paud dalam proses mendidik terutama dapat menfasilitasi fasilitas sekolah di setiap sekolah Toddler dan Paud, agar guru dapat mendidik dengan fasilitas yang di sediakannya.lain lagi, pemerintah harus memperhatikan kesejahteraan para guru toddler dan Paud karena mereka membentuk sikap dan karakter bagi anak usia dini.

Dengan demikian, mendidik anak usia dini sangat penting sekali dalam hidup, maka itu, orang papua jangan membiarkan anak usia dini, namun harus mendekati dan memiliki agar anak usia dini dapat terbentuk karakter yang baik dari sekarang untuk persiapan masa depan. Kalau belum mempersiapkan dari sekarang, maka generasi papua untuk kedepan hancur dan dapat di kuasai oleh orang lain. Oleh karena itu, orang papua dapat mengerti dan memahami tentang anak usia dini, bukan merasa pandai tetapi pandai merasa dalam mendidik anak usia dini. 

Penulis adalah pemerhati pendidikan, tinggal di Timika
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : bloggerpapua.idm | Anakcenderawasih | Bloggerpapua.id
Copyright © 2015. KOBEPAIBO - All Rights Reserved
Admin by Enagokobepa
Proudly powered by kobepa