Selamat datang Dan selamat Membaca di Blog Kobepaibo..!!

Mengikat Dalam Satu Ikatan



                

Foto Penulis (Marcelino Yogi/Fb)/KM


Oleh Marcelino Kudiai

Opini, (KM)--Mengikat dalan satu ikatan, jangan mengikat dalam banyak ikatan. Kita satu bukan dua. Kalau ada ikatan belajar dengan sungguh sungguh. Disitu akan melahirkan  persatuan dan kesatuan, serta memerdekaan diri. Ikatlah dalam satu menuju Papua berdamai harapannya.

Semua belajar dan sekolah agar menjadi pintar pikirnya. Dalam perjuangan ada yang banyak teman karena pergaulan yang terbuka, adapula yang kurang teman karena kurang peka dengan orang di sekitarnya. Semua itu tidak paksa namun dapat yang bermulai pada diri sehingga tujuan untuk berjaga jaga  agar tidak terjadi pada diri yang tidak di inginkan, artinya jika kita bergaul bergaul yang baik dan kepada siap kita berteman dan berkomunikan.

Dalam perjuangan dan kehidupan manusia dibutuhkan saling dorong mendorong antara satu dan lain agar mudah untuk membina diri menjadi dewasa untuk bisa berpikir meluas seluas cakrawala. Namun sebaliknya saling jatuh dan menjatukan makan harapannya apa yang di dapat nantinya demi tanah Papua. Tidak ada harapan, tidak ada kebersamaan, tidak ada persatuan yang ujung ujungnya membunuh saudara, menjual tanah, mengambil uang darah.

Semua terjadi HAM ditanah Papua karena kurang berkompak dan kerja sama yang baik sehingga dalam sedetik beribuh orang yang meninggal. Salah siapa?? Ini menjadi perenungan.

Terjadi diatas masalah yang berlapis dan di tanah papua maka sebelum mari kita melahirkan kebersamaan dan persatuan yang dimulai dari diri sendiri kemudian dalam keluarga dan warga setempat lalu kabupaten dan provinsi agar menjadi satu ikatan yang kokoh untuk membela semua ini.

Bagi pelajar dan mahasiswa harus membuat organisasi yang mengarah pada pendidikan perkembangan global untuk mengikuti informasi dan pengetahuan agar tidak jauh dengan sahabat lain.

Para jurnalis juga harus peka dalam lingkungan untuk mengalih dan mengambil informasi untuk di publik di media agar kekerasan yang terjadi di Papua bukan hanya daerah saja tetapi tujuan utamanya harus mengatahui dunia.  

Maka itu, ikatkan satu ikatan menjadi solip untuk membangun dan memecahkan masalah dari perpisahan setiap manusia.

Bagi yang sudah ada perkumpulan wartawan, komunitas belajar, latihan dan mengajar, kursus, semua di harapkan dipertingkat lagi karena melalui itu mampu memecahkan persoalan di Papua (Umagyinagobai/KM)

Penulis adalah Mahasiswa Papua Kuliah di UNCEN


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : bloggerpapua.idm | Anakcenderawasih | Bloggerpapua.id
Copyright © 2015. KOBEPAIBO - All Rights Reserved
Admin by Enagokobepa
Proudly powered by kobepa